magnify
Facebook Twitter E-mail RSS
formats

JEPIN – Rancangan Sistem Penjadwalan Akademik Menggunakan Algoritma Max Mint Ant System (Studi Kasus: STMIK Atma Luhur Pangkalpinang)

Jurnal Edukasi & Penelitian Informatika (JEPIN) merupakan Jurnal Nasional pada tahun 2015, yang di selenggarakan oleh Universitas Tanjungpura Pontianak, Indonesia. Ada salah satu penulis (author) yang berasal dari STMIK Atma Luhur Pangkalpinang telah menyumbangkan hasil karya penelitian mereka di JEPIN 2015. Adapun penulis yang berkecimpung adalah:

Delpiah Wahyuningsih, yang berjudul “Rancangan Sistem Penjadwalan Akademik Menggunakan Algoritma Max Mint Ant System (Studi Kasus:  STMIK Atma Luhur Pangkalpinang)

Abstrak— Sistem penjadwalan akademik pada STMIK Atma Luhur Pangkal Pinang terdapat beberapa kendala disaat melakukan penyusunan jadwal akademik perkuliahan. Pertama sulit mengatur waktu, tempat serta matakuliah agar tidak terjadi duplikat matakuliah pada waktu dan tempat yang sama. Kedua sulit mengatur jadwal dosen yang mengajar agar dosen yang mengajar tidak mengajar dua matakuliah yang berbeda pada waktu yang bersamaan, dan masih banyak kendala lain yang begitu rumit dalam mengatur jadwal akademik perkuliahan serta membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mengatur jadwal akademik perkuliahan. Tujuan penelitian ini untuk memberikan sebuah perancangan sistem penjadwalan akademik pada STMIK Atma Luhur Pangkal Pinang dengan optimal. Rancangan sistem ini menerapkan max min ant system, algoritma yang bersifat heuristik untuk menyelesaikan masalah optimasi. Rancangan ini untuk menghasilkan penjadwalan yang dapat di optimasi dengan waktu yang efektif dan tidak terjadinya bentrok antar matakuliah setiap sesi dan kelompok.

Kata Kunci Ant Colony, Max Min Ant, Penjadwalan, Algoritma.

Download Jurnal pdf

Download Jurnal.pdf dan Daftar List JEPIN


You must be logged in to post a comment.

Home Jurnal Nasional JEPIN JEPIN – Rancangan Sistem Penjadwalan Akademik Menggunakan Algoritma Max Mint Ant System (Studi Kasus: STMIK Atma Luhur Pangkalpinang)