Siska Gasela
Sistem Informasi,STMIK ATMA LUHUR PANGKALPINANG
Jl. Jend. Sudirman Selindung Lama Pangkalpinang Kepulauan Babel
email : siska.kokindo@gmail.com
ABSTRAKSI
Klinik merupakan sarana pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan rawat jalan dan pelayanan rawat inap. Pelayanan rawat inap ini dimulai dari proses pendaftaran pasien, pelayanan dan administrasi. Informasi dari kegiatan pelayanan pasien digunakan manajemen pelayanan untuk merencanakan, mengendalikan dan mengevaluasi mutu pelayanan. Dengan bantuan computer akan memudahkan pengelolaan data pasien rawat inap menjadi informasi yang dibutuhkan manajemen. Penelitian ini dilakukan untuk menghasilkan sistem informasi pasien rawat inap dalam guna mendukung keputusan pimpinan Klinik Mitra Sehat dan meningkatkan kinerja pelayanan klinik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang sebenarnya sehingga dapat ditemukan kelemahan- kelemahan pada sistem lama yang masih manual, kemudian diperbaiki dengan menggunakan sistem baru yang sudah terkomputerisasi. Analisa yang digunakan dalam membangun sistem baru adalah dengan menggunakan metode berorientasi objek dengan alat bantu software-software UML (Unified Modeling Language), pengamatan langsung, dan wawancara kepada pihak yang terkait. Dari hasil analisa dan perancangan, penulis sangat diperlukan suatu sistem yang terkomputerisasi dengan aturan serta prosedur-prosedur didalamnya sehingga mampu memberikan suatu informasi yang baik dalam mengambil suatu keputusan terhadap sistem informasi Pasien Rawat Inap pada Klinik Mitra Sehat dengan dukungan spesifikasi perangkat keras dan perangkat lunak yang tinggi. Kesimpulan yang bisa diambil secara umum dari hasil penelitian ini adalah bahwa Sistem Informasi Pasien Rawat Inap pada Klinik Mitra Sehat dapat memudahkan dan mempercepat proses pelayanan pada klinik tersebut dan mampu menghasilkan informasi yang berkualitas guna mendukung keputusan pimpinan dengan cepat dan akurat.
Keywords: Klinik proses data,sistem informasi rawat inap