Muhammad Budi Prasetyo
Teknik Informatika STMIK ATMA LUHUR PANGKALPINANG
Jl.Jendral Sudirman Selindung Lama Pangkalpinang,Bangka Belitung
ABSTRAKSI
Seiring perkembangan teknologi dewasa ini, dimana teknologi komunikasi semakin berkembang dan memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat. Maka sudah semakin jelas bahwa masyarakat sangat membutuhkan perangkat teknologi yang dapat membantu dalam mengakses informasi serta berinteraksi secara real-time dengan sistem. Augmented Reality yang merupakan suatu upaya untuk menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual biasa disebut dengan AR. Seiring perkembangan Smartphone yang begitu pesat, maka banyak aplikasi yang mengadopsi teknologi Augmented Reality ke dalam aplikasi Smartphone. Selama ini aplikasi Augmented Reality pada Smartphone banyak digunakan pada Smartphone di bidang pembelajaran baik formal maupun non formal, iklan dengan media cetak, Brosur pemasaran dan navigasi. Penelitian ini akan menerapkan Brosur Augmented Reality Menggunakan Smartphone, teknologi bebasis Augmented Reality menggunakan kamera sebagai sumber masukan, kemudian akan men-tracking Marker. Setelah Marker dideteksi maka objek 3D akan tampil di atas Marker. Untuk membuat objek 3D digunakan perangkat lunak Blender 3D, kemudian mengubah format file yang di dukung aplikasi ini. Sedangkan pembuatan aplikasi Augmented Reality menggunakan software library NyARToolkit.Pengembangan aplikasi Augmented Reality brosur sudah mulai digunakan dengan memanfaatkan penampilan objek, sehingga brosur dapat lebih efisien dalam memberikan informasi di dalamnya. Dengan adanya aplikasi ini, dapat memudahkan konsumen dalam memilih dan mendapatkan gambaran visual dari produk yang ditawarkan pengguna sistem sehingga akan meningkatkan minat konsumen untuk membeli produk yang ditawarkan.
Kata Kunci : Augmented Reality, Blender 3D, NyARToolkit, Brosur