Lukas Tommy
Teknik Informatika STMIK ATMA LUHUR PANGKALPINANG
Jl. Jend. Sudirman Selindung Lama Pangkalpinang Kepulauan Babel
email : tomtommy0992@gmail.com
Abstraksi
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menghasilkan sebuah game/ permainan komputer visual novel sederhana dengan unsur edukasi yang dapat menghibur, sekaligus mengajarkan mengenai perilaku budi pekerti kepada pemain, terutama pemain anak-anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode waterfall. Pada metode waterfall terdapat beberapa tahapan, yaitu: perancanaan, di mana penulis merencanakan bagaimana game akan dibuat, serta manfaat game tersebut bagi masyarakat, pada tahap analisis penulis mengadakan pengumpulan data dengan metode studi pustaka, mempelajari topik yang sedang dibahas dari buku maupun internet dan melakukan observasi pada siswa di SD setempat, serta melakukan identifikasi kebutuhan dengan use case diagram. Melalui hasil analisis tersebut penulis merancang tahap-tahapan yang akan dilakukan, seperti perancangan sistem menggunakan activity diagram dan psuedocode, gameplay, scene, karakter, latar belakang dan tampilan layar permainan. Hasil dari perancangan tersebut kemudian diimplementasikan dengan pengkodean menjadi sebuah game. Game yang telah dibuat lalu diuji menggunakan teknik pengujian black box. Hasil yang diperoleh adalah dihasilkannya sebuah game visual novel dengan unsur edukasi di dalamnya, yang dibangun menggunakan game engine Ren’Py dengan bahasa pemograman Python yang telah disederhanakan. Kesimpulan yang didapat adalah game visual novel dengan unsur edukasi yang dibuat, dapat mengajarkan mengenai perilaku berbudi pekerti luhur kepada pemainnya dengan cara yang menarik dan interaktif.
Kata Kunci : Visual novel, game edukasi, budi pekerti, Ren’Py, Python